Pendidikan adalah tempat persemaian segala benih-benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat kebangsaan. Dengan maksud agar segala unsur peradaban dan kebudayaan tadi dapat tumbuh dengan sebaik-baiknya.Dan dapat kita teruskan kepada anak cucu kita yang akan datang.
~ Ki Hajar Dewantara
Dalam Program Pendidikan Guru Penggerak, sudah mempelajari Modul 1.2 yaitu tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Dalam Modul 1.2 ini kita sebagai Guru penggerak akan mengeksplorasi mengapa dan bagaimana nilai-nilai diri dari seorang guru terkait dengan penumbuhan dan pelestarian budaya positif. Dunia kini sudah semakin tanpa batas, teknologi telah berhasil menghilangkan jarak. Pertukaran budaya baik yang positif maupun negatif kini menjadi sukar terawasi dan tanpa filter.
Filter tersebut diharapkan dapat ditumbuhkan sejak
dini dalam setiap diri manusia Indonesia agar budayanya tidak tergerus oleh budaya
lain yang lebih agresif melakukan penetrasi. Oleh karena itu, sebagai pendidik,
kita dipaksa untuk berpikir kembali mengenai makna dan tujuan pendidikan kita.
Pendidikan adalah suatu hal yang sifatnya individual
sekaligus komunal yang tak terpisahkan. Murid di kelas-kelas kita adalah bagian
dari sebuah komunitas di rumah, di masyarakat, dan di lingkungan.
Memertimbangkan kesalingterhubungan dan kerumitan tersebut, maka sebagai
pendidik mau tidak mau kita harus menilik kembali apakah nilai-nilai diri kita
telah selaras dengan tuntutan zaman dan alam yang seperti itu.
Adapun profil kompetensi
yang ingin dicapai adalah Calon Guru
Penggerak mampu:
- mengartikulasikan nilai-nilai bersama
dari Guru Penggerak (GP) dalam membangun identitas nasional dan
memberdayakan komunitasnya.
- memahami dan menunjukkan kesediaan untuk
mempraktikkan peran-peran GP.
- menerapkan prinsip-prinsip pengembangan
dalam menggerakkan komunitas.
Kita juga diharapkan dapat menjadi guru penggerak
yang mampu:
- Merumuskan nilai-nilai diri yang selaras
dengan upaya penumbuhan murid merdeka.
- Membuat rencana perubahan diri yang akan
mendukung penguatan nilai dan peran mereka sebagai guru penggerak,
- Menginternalisasi nilai-nilai diri dan
perannya sebagai guru penggerak untuk mewujudkan komunitas pembelajar
sepanjang hayat yang positif dan merdeka.
Keterkaitannya anatara Modul NIlai dan peran Guru penggerak dengan Modul Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara, diantaranya menyusun konsep Pendidikan yang Merdeka, dan berpihak kepada anak. supaya anak dapat berkembang sesuai dengan kodratnya. dan seorang guru berupaya untuk menumbuhkan murid yang merdeka. tanpa adanya paksaan dari siapapun. supaya mereka dapat berkreasi dan berinovasi, serta dapat berimajinasi seiring dengan murid berpikir kritis. dan Guru bertindak sebagai mentoring dan coaching. selain itu, peran seorang guru penggerak mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. sejalan dengan trilogi pendidikan yaitu Ing Ngarsa sung Tuladha, Ing Madya mangun Karsa, Tutwuri Handayani.
Salam Guru Penggerak
Merdeka Belajar
Asih Andriyani- CGP Angkatan 1 Kabupaten Cilacap
No comments:
Post a Comment