Monday, April 12, 2021

JURNAL MONOLOG Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

 

Tugas 3.1.a.7 Demontrasi Kontekstual

Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran


Asih Andriyani - CGP Angkatan 1 - Kabupaten Cilacap

Jurnal Monolog

Anda diminta untuk membuat sebuah jurnal monolog (diskusi dengan diri sendiri). Jurnal ini dapat berupa blog-tulisan naratif maupun sebuah video atau audio yang merekam Anda menyampaikan sendiri konten berdurasi 3-5 menit, sesuai pertanyaan panduan berikut ini:

Panduan Pertanyaan/Guiding Questions :

1.     Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di  program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?

2.  Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?

3.      Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.

4.    Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif. 

        Untuk menjadi guru penggerak, calon guru penggerak harus mengikuti pendidikan guru penggerak selama 9 bulan dan pengembangan kompetensi dalam Lokakarya Bersama dan pendidikan guru penggerak sudah saya lalui sekitar 6 bulan. Banyak sekali manfaat yang di dapat selama mengikuti program guru penggerak, diantaranya adalah menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, bertemu dengan guru-guru hebat, menambah semangat dan motivasi diri untuk terus belajar, dengan mengikuti program guru penggerak menyadarkan diri bahwa ternyata diri ini masih banyak kekurangan dan masih banyak yang harus diperbaiki dan ditingkatkan lagi. banyak sekali pengalaman serta bimbingan langsung dari pendamping dan Fasilitator yang luar biasa serta instruktur yang berbeda di setiap modul ditambah lagi dengan adanya aksi nyata yang semakin menambah sensasi tersendiri yang membuat saya menjadi tertantang untuk mau melakukan perubahan sesuai dengan ilmu pengetahuan yang sudah didapatkan.

         Begitu besar dan banyak manfaat yang di rasa selama mengikuti program guru penggerak, maka saya ingin banyak guru juga merasakan hal yamg sama seperti yang saya rasakan demi terwujudkan pendidikan Indonesia yang lebih baik.  Beberapa hal yang akan saya lakukan di sekolah tempat saya mengajar yaitu SD Negeri Nusawungu 05 untuk mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang sudah didapat selama mengikuti program guru penggerak

        Mengajak rekan sejawat dan guru lain yang tergabung dalam komunitas pendidikan untuk mengikuti program guru penggerak, baik itu secara langsung maupun dengan membagikan link blog yang berisi informasi tentang program guru penggerak agar guru tersebut mendapatkan pengetahuan dan bisa merasakan langsung manfaat yang akan didapat selama mengikuti program guru penggerak dan ini sudah  saya lakukan. Membagikan materi guru penggerak di group komunitas guru di sekolah maupun komunitas pendidikan lainnya hal ini juga sudah pernah lakukan

        Sebagai ketua KKG di kecamatan, maka ini merupakan moment yang tepat untuk saya mentransfer pengetahuan yang di dapat dalam program guru penggerak dan ini sudah pernah saya lakukan pada kegiatan KKG bulan lalu dan  akan saya lakukan kembali pada kegiatan KKG berikutnya. Membagikan materi guru penggerak dalam bentuk blog dan membagikan link tersebut di medsos komunitas pendidikan . Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Menerapkan pengetahuan yang didapat dengan melakukan aksi nyata seperti yang pernah dilakukan sebelumnya pada tugas aksi nyata di setiap modul yaitu memperaktikkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Menjadi teladan atau contoh dalam mewujudkan merdeka belajar

        Berkolaborasi dengan orang tua dan komunitas untuk mengembangkan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan murid. Mengembangkan dan memimpin upaya mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan relevan dengan kebutuhan komunitas di sekitar sekolah. Langkah awal yang akan saya lakukan dalam mengambil keputusan sebagai pemimpin pembelajaran di sekolah  adalah

        Sebagai seorang pemimpin pembelajaran pasti kita sering di hadapkan pada situasi dimana kita harus mengambil suatu keputusan, sebelum kita mengambil sebuah keputusan langkah awal yang harus kita lakukan adalah memahami situasi apakah situasi yang kita hadapi termasuk dalam situasi dilema etika atau bujukan moral

 Menentukan paradigma yang sesuai dalam dilema etika yang terjadi, berdasarkan 4 paradigma pengambilan keputusan yaitu : 

1. Individu lawan masyarakat (individual vs community)

2. Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy)

3. Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty)

4. Jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term)

Menetukan 3 prinsip pengambilan keputusan yaitu :

1. Berpikir Berbasis Hasil Akhir

2. Berpikir Berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking)

3. Berpikir Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking)

Serta 9 langkah pengambilan keputusan yaitu :

1. Mengenali bahwa ada nilai-nilai yang saling bertentangan dalam situasi ini.

2. Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini.

3. Kumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi ini.

4. Pengujian benar atau salah, yang meliputi uji legal, uji regulasi, uji intuisi, uji halaman depan Koran, uji panutan/idola

5. Pengujian paradigma benar lawan benar

6. Melakukan prinsip resolusi

7. Investigasi opsi trilema

8. Buat keputusan

9. Lihat lagi keputusan dan refleksikan

Langkah-langkah pengambilan keputusan tesrsebut akan segera saya terapkan yaitu hari ini terutama pada saat dihadapkan pada situasi dimana saya harus mengambil sebuah keputusan.

Dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran saya membutuhkan seorang pendamping yaitu kepala sekolah dan rekan sejawat untuk berkolaborasi dalam mengambil sebuah keputusan

Kepala sekolah dan rekan sejawat yaitu Bpk Sardjiman, S.Pd. dan Oktavian Tri Utomo, S.Pd yang akan menjadi teman diskusi untuk menentukan apakah langkah-langkah yang saya ambil telah tepat dan efektif dan sebagai bentuk refleksi dan masukan dari kepala sekolah dan rekan sejawat dari apa yang sudah saya lakukan. 


 

No.

Tugas

Ada (A)/

Tidak Ada (TA)

1

Isi:Apa rencana ke depan dalam menjalani pengambilan  keputusan yang mengandung unsur dilema etika? Bagaimana Anda bisa mengukur efektivitas pengambilan keputusan Anda? Siapa yang akan membantu atau mendampingi Anda? 

Ada

2

Isi: Bagaimana Anda akan menerapkan pengambilan keputusan seperti ini pada lingkungan Anda, pada murid-murid Anda, dan pada kolega guru-guru Anda yang lain? Kapan Anda akan menerapkannya?

Ada.

3

Teknis: Kejelasan suara/tulisan di video/blog naratif Anda, format apa yang akan gunakan, sudahkah Anda mengujinya/membacanya dan melihat hasilnya/membayangkan bila orang lain membaca tulisan Anda?

 Ada.

 

4

Teknis: Durasi waktu/panjang tulisan, apakah sudah diuji untuk maksimal dan minimal waktu berbicara, atau apakah sudah ditinjau isi dan panjang tulisan Anda, dan kepadatan/intisari  materi yang Anda ingin sampaikan?

Secara teknis, yang akan saya gunakan adalah blog naratif.

 Ada

 

 

 





No comments:

Post a Comment